TNI, Polri Bersama Satpol PP Menggelar Operasi Gabungan Difokuskan Tempat Hiburan Malam

MediaSuaraMabes, Jepara – Jajaran TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Jepara Melakukan giat Operasi Gabungan dimasa PPKM level 3 dan sasarannya difokuskan pada tempat hiburan malam karaoke termasuk di Pantai Pungkruk Desa Mororejo kecamatan Mlonggo. Sabtu malam, 7/11/2021.

Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Jepara Bpk. Kompol Subakri, SH. MH, Jajaran Kodim 0719/Jepara diwakili Bpk. Serma Bambang Supriyanto Koramil 01 / Jepara, Satpol PP diwakili Kasi Operasi Penegakan dan Pembinaan Bpk. Agus Dwi Purwoko, SH Dan Kabag SDM Bpk. Kompol Sukarman, SH beserta jajarannya.

Sebelum kegiatan operasi gabungan dilaksanakan sekitar Pukul : 22.00 Wib digelar apel bersama di halaman Mapolres Jepara.

Kegiatan ini merupakan bentuk operasi rutin TNI, Polri dan Satpol PP untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi Khantibmas di wilayah Jepara. Sekaligus menindaklanjuti aduhan dari masyarakat tentang masih beroperasinya hiburan malam.

Menurut Kabag Ops Polres Jepara Kompol Subakri, SH. MH mengatakan kepada beberapa awak media Bahwa operasi ini kita akan terus gelar sesuai dengan surat edaran Bupati Jepara terkait masih masa PPKM level 3 dan Inmendagri no. 57 maka seluruh tempat harus menghentikan jam operasionalnya maksimal sampai pukul : 00.00 Wib.

Karena Jepara masih dalam situasi level 3, seperti rumah makan dan tempat hiburan maksimal 50 % dari kapasitas, juga tetap Protkes dan jaga jarak sehingga Jepara bisa terhindar dari penyebaran Covid – 19.

“Operasi ini kita lakukan sehari dua kali baik siang maupun malam hari, gabungan maupun tidak tetap kita jalankan. Kegiatan ini juga melibatkan jajaran Polsek dan Koramil juga Satpol PP kecamatan, tambahnya.”

Satuan Satpol PP yang diwakili Kasi Operasi Penegakan dan Pembinaan Agus Dwi Purwoko, SH mengatakan dari operasi gabungan yang kami lakukan ini semua akan kita sampaikan kepada Pimpinan apa adanya sesuai yang kami lihat.

Baca Juga :  Letkol Czi Anthon Wibowo Hadiri Acara Pembinaan Pemantapan Ideologi Pancasila Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)

“Biar nanti pimpinan yang memberikan arahan selanjutnya , karena kita hanya menjalankan tugas yang diberikan dan faktanya malam ini cafe Pungkruk sudah tutup. Kegiatan seperti malam ini kita akan terus kami adakan, katanya .

Para awak media juga mewawancarai Kabag SDM Polres Jepara Kompol Sukarman SH, dan beliau mengatakan akan terus melakukan penertiban dan patroli gabungan ini sesuai surat edaran Bupati Jepara.

“Jepara masih di level 3 saat ini, sehingga kedepannya kita akan tingkatkan operasi yustisi ini guna perketat dan memberikan himbauan terus menerus, tidak akan bosan mengingatkan masyarakat yang masih tidak mematuhi aturan, katanya Karman.”

Sedangkan menurut satuan Kodim 0719 / Jepara melalui Serma Bambang Supriyanto Koramil 01/ Jepara kota mengatakan akan selalu membantu Polri dan pemerintah untuk menjaga ketertiban umum dan keamanan, karena itu sudah menjadi tugas kami.

“Dan kegiatan seperti ini terus kita lakukan baik dimasa PPKM maupun tidak, juga akan terus menghimbau kepada masyarakat supaya tetap mematuhi prokes, pungkasnya Serma Bambang.”

Para awak media juga menemui beberapa warga setempat untuk melakukan wawancara dengan beberapa pedagang, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Mororejo.

Ibu Asih RT 01 RW 01 adalah salah satu pedagang warung kecil di kawasan pantai Pungkruk, menurut beliau merasa sangat terbantu secara ekonomi dengan adanya tempat hiburan malam tersebut.

Namun beliau merasa sedih ketika tempat itu akan ditutup, karena hal itu secara tidak langsung akan mempengaruhi dari segi pendapatan.

Salah satu tokoh masyarakat ketua RT 01 RW 01 Bpk. Umar Said ketika ditemui awak media mengatakan soal keberadaan hiburan malam karaoke di wilayahnya secara umum menilai dampak sosial maupun ekonomi.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi 1.300 Karyawan Tekstil, Kapolri Minta Tracing dan Testing Diperkuat

“Segi sosial kami tidak merasa terganggu selagi tidak ada yang dilanggar dan justru sebagian masyarakat secara ekonomi bisa terbantu, ujarnya Said.

Sedangkan menurut saudara Topan selaku ketua Pemuda Desa Mororejo menyampaikan kepada awak media ketika ditemui, dengan keberadaan tempat hiburan malam di Desanya.

Secara umum dari segi asas manfaat dan kerugian bagi masyarakat justru kami merasa terbantu.

Seperti kegiatan sosial maupun ekonomi.

(Yusron)

Comment