Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Sirnajaya Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi disebut-sebut Sebagai Demokrasi Milenial.

MediaSuaraMabes, Sukabumi — Dengan dijaga ketat aparat keamanan dari Polsek, Koramil dan Ketua Karang Taruna Kecamatan pun nampak hadir, pemilihan berjalan aman dan lancar, tidak ada gontok-gontokan, meski melibatkan puluhan warga pemegang hak suara.

Pemilihan dilakukan secara langsung, sama seperti pemilihan kepala desa atau kepala daerah.

Puluhan warga pemegang hak pilih berusia antara 17-45 tahun, datang ke tempat pemungutan suara di Aula Sekolah setempat.

Suasananya sama persis seperti suasana Pemilu (pemilihan umum). Ada TPS, petugas TPS, bilik suara, kotak suara serta fasilitas lain yang biasa digunakan dalam pemilihan.

Yang tidak kalah menarik dan penting, saat pemiihan berlangsung panitia dibantu Satgas Covid 19 desa, menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Setiap warga yang akan menyalurkan hak pilihnya, diperiksa dengan standar protokol kesehatan Covid 19.

Ada tujuh nama yang mencalonkan diri dalam pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Sirnajaya tersebut.

“Kami memang terapkan protokol kesehatan yang sangat ketat sejak proses awal pemilihan hingga penghitungan hasil pemungutan suara calon Ketua Karang Taruna,” ungkap Ketua Panitia Ketua BPD Desa Sirnajaya, Selasa 28/10/ 2021.

Ketua BPD juga mengatakan, pemilihan Ketua Karang Taruna di desanya menjadi cerminan demokrasi milenial. Para calon dan pendukungnya, menunjukan sikap dewasa dalam berdemokrasi sehingga tidak terjadi ketegangan apalagi gontok-gontokan.

“Sepakat, yang kalah mendukung yang menang. Bisa jadi contoh desa lain, bahkan menjadi contoh para senior (politisi) bahwa demokrasi itu indah jika tidak diwarnai permusuhan,” tegasnya.

Deri memperoleh suara terbanyak dan dinyatakan terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Desa Sirnajaya untuk periode 2021-2026.

Sementara itu, Kepala Desa Sirnajaya, Darman, menyampaikan apresiasi terhadap warga Desa Sirnajaya yang telah melaksanakan pemilihan Ketua Karang Taruna dengan kondusif.

Baca Juga :  Deni Victoria Beri Bantuan Kursi Roda dan Sembako Kepada Pak Sentot Warga Karang Raja

Sebagai Kepala desa, sekaligus pembina karangtaruna, Dirman mengaku salut atas sikap dewasa para milenial itu.

“Terima kasih untuk kelancaran dan keamannya. Saya setuju, ini menjadi cerminan demokrasi milenial yang patut menjadi contoh bagi siapa pun,” Pungkasnya

Reporter Jibril / Ary

Comment