Pembinaan Dan Penyuluhan Perpolisian Masyarakat oleh Ditbinmas Polda Kalsel dengan Anggota FKPM se-Kota Banjarmasin

MediaSuaraMabes, Banjarmasin — Direktorat Binmas Polda Kalimantan Selatan melalui Subdit IV Polmas, melaksanakan kegiatan pembinaan dan penyuluhan perpolisian masyarakat (Polmas) dan sosialisasi perpol Nomor 1 tahun 2021, atas perubahan kapolri nomor 3 tahun 2015 Tentang perpolisian masyarakat, Senin (25/10/2021) pagi. Pembinaan dan Penyuluhan “Polmas” dilaksanakan di Aula Rupatama Polresta Banjarmasin.

Kasubdit IV Polmas Ditbinmas Polda Kalsel, AKBP Matsari H.S didampingi Kasat Binmas Polresta Banjarmasin Kompol Soni. S mengatakan, pembinaan dan penyuluhan juga sosialisasi polmas digelar bersama forum kemitraan polisi masyarakat yang saat ini mati suri. Polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dan pengawasan dari masyarakat, ujar perwira yang malang melintang bertugas di Reserse yang pernah mendapatkan pin emas dari Kapolri.

Selain itu, FKPM diharapkan mengetahui dan menjalankan restorative justice atau keadilan restoratif yang mana tidak setiap kasus hukum sampai pada tingkat pengadilan. Restorative justice ini mengedepankan pendekatan integral antara pelaku dengan korban dan masyarakat sebagai satu kesatuan mencari solusi serta kembali pada pola hubungan baik bermasyarakat.

Acara ini di laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan di hadiri perwakilan FKPM seluruh Kelurahan di Kota Banjarmasin. Selain ingin menghidupkan kembali FKPM, Kasubdit IV Polmas Ditbinmas Polda Kalsel ini juga menekankan, perlunya komponen FKPM mengetahui fungsi dan tanggung jawab sesuai amanah peraturan Kepolisian Republik Indonesia.

Perpolisian masyarakat ini bertujuan mewujudkan kemitraan Polri dan masyarakat yang di dasari oleh kesepakatan bersama untuk menangani dan memecahkan masalah sosial yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas dilingkungan masing – masing, guna meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat, ucap AKBP. Matsari H.S sebelum mengakhiri acara. (msm/mra)

Baca Juga :  DPD Tamperak Melaporkan Oknum DPRD Purworejo, Inisial MA

Comment