Polisi Tetapkan Penyebab Kebakaran di RSUD Nunukan Akibat Korsleting Listrik

MediaSuaraMabes, NUNUKAN — Kepolisian Sektor Nunukan (Polsek) Nunukan menyampaikan hasil penyelidikan yang mengungkapkan penyebab kebakaran ruang keuangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Nunukan, pada (27/08) lalu, lantaran korsleting listrik.

Hal ini berdasarkan dari olah tempat kejadian perkara (TKP) dan keterangan sejumlah saksi dan pihak-pihak terkait yang dianggap mengetahui peristiwa tersebut.

Kapolsek Nunukan, IPTU. H. Ridwan Supangat menegaskan dari hasil pemeriksaan menunjukkan penyebab kebakaran adalah korselting listrik.

“Secara manual diakibatkan karena korsleting listrik, apapun disitu mungkin diakibatkan oleh kabel-kabel listrik yang tidak teratur yang menghubungkan alat-alat elektronik diruangan tersebut”, ujarnya saat dikonfirmasi pada Kamis, (21/10).

Menurut Supangat, untuk menghindari kejadian serupa berulang dikemudian hari, pihaknya merekomendasikan, pembenahan secara menyeluruh instalasi kelistrikan di RSUD Nunukan.

Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah mendengarkan penjelasan Direktur RSUD Nunukan dr.H.Dulman,Sp.oG saat meninjau lokasi kebakaran Sabtu (28/8) [Syafaruddin/mediasuaramabes]
“Termasuk mengganti jika terdapat kabel-kabel yang tidak memenuhi standar,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, ruangan keuangan yang terdapat di lantai II RSUD Nunukan terbakar pada Jumat, (27/08) sekira pukul 18.00 WITA.

Direktur RSUD Nunukan, dr. Dulman, Sp.Og mengatakan kejadian tersebut pertama kali diketahui melalui kamera pemantau petugas keamanan rumah sakit.

Untuk menghindari isu liar terhadap penyebab kebakaran, RSUD Nunukan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan.

“Kami sudah laporkan ke polisi, semoga nanti ada investigasi dan tim ahli akan menjelaskan secara pasti mengapa kebakaran bisa terjadi. Kita tunggu hasil mereka supaya lebih valid penjelasannya. Saya juga tidak mau berspekulasi apalagi berkas-berkas keuangan habis terbakar,’’ kata Dulman.

Syafaruddin/Biro Nunukan

Baca Juga :  Kapolda Sumsel Melakukan Kunjungan Kerja Ke Mapolres Kota Prabumulih

Comment