Kunjungan Kerja Panglima TNI Dan Kapolri Di Kabupaten Mimika

Suaramabes, Jayapura – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, SIP bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, M. Si melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Jumat 22/10/2021

Hadir dalam kegiatan Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri S.I.K, Pejabat Tinggi Mabes TNI, Pejabat Tinggi Mabes Polri, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Pejabat Utama Polda Papua dan Kapolres Mimika, Papua, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.I.K.

Rangkaian Kegiatan:

Setelah tiba di Bandara Avco Mozes Kilangin Timika Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan selanjutnya menuju Mako Brigif-20/IJK/3 Kostrad Jalan Mapuru Jaya KM.14 Kabupaten Mimika. Setelah tiba di Mako Brigif-20/IJK/3 Kostrad Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan melakukan penanaman pohon.

Kapolri dalam kesempatannya mengatakan, saya bangga kepada personil TNI-Polri yang masih solid dibuktikan dengan sambutan tadi saat kita masuk Mako Brigif-20/IJK/3 Kostrad. Saya berpesan ini harus terus kita dipelihara.

“Saya berikan apresiasi setinggi tingginya kepada rekan rekan atas beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dengan aman dan lancar, khususnya PON XX Papua tahun 2021 baik sebelum, pelaksanaan dan pasca kegiatan yang berjalan aman, lancar dan hal hal yang berkaitan dengan Covid-19 berjalan aman tanpa adanya lonjakan,” ujarnya.

Panglima akui rekan-rekan telah bekerja keras khususnya dalam hal vaksinasi dengan bersinergi antara TNI-Polri dan Dinkes untuk laksanakan strategi vaksinasi demi terwujudnya kekebalan masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar venue venue yang digunakan PON XX Papua sehingga tidak timbul cluster Covid-19 baru pasca pelaksanaan PON XX Papua.

Kedepan akan banyak event yang akan digelar, khusus di Papua akan ada Pesparawi dan Peparnas. Ini tentunya akan menghadirkan penonton dan ada potensi naiknya angka Covid-19 apabila kita semua tidak melakukan langkah-langkah. Oleh karena itu, PON XX Papua kemarin kita jadikan acuan langkah untuk event event berikutnya.

Baca Juga :  Kasdim Jepara Menghadiri Anev Akselerasi Capaian Vaksinasi

Panglima TNI dalam kesempatannya mengatakan, TNI dan Porli adalah institusi strategis milik rakyat Indonesia. Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia telah mempercayakan seluruh tugas ada pada pundak kalian semua prajurit TNI-Polri.

Penugasan didaerah terpencil, pedalaman, perbatasan, menghadapi terorisme, merawat masyarakat terpapar Covid-19, melaksanakan vaksinasi, membagikan sembako untuk masyarakat yang membutuhkan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mengajar masyarakat dan anak anak diperbatasan, memberikan pelayanan kepada masyarakat di perbatasan. Itu semua dibentangkan pada pundak kalian prajurit TNI-Polri.

Baru saja kita melaksanakan perhelatan akbar PON XX Papua dan dapat terlaksana dengan tertib, aman dan sukses. Itu semua menunjukkan bahwa kalian telah melaksanakan profesionalisme dengan baik. Dunia melihat bahwa dalam pelaksanaan PON XX Papua, Papua aman dan telah pesat melaksanakan pembangunan setara dengan wilayah lain di Indonesia bagian Barat. Dan prajurit TNI-Polri beserta institusi terkait berhasil mengendalikan angka laju Covid-19.

“Kita sadari bahwa tugas TNI dan Polri berbeda karena latar belakang, namun kerena Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan tugas kita. Untuk itu tetap pelihara profesionalisme, pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit juga Tribrata dan Catur Prasetya. Selamat bertugas sampai bertemu kembali diruang pengabdian yang berbeda,” pungkasnya. ( Red/Syarif )

Comment