Lataran Dinilai Hidup Memprihatinkan Diharapkan Pemkab Pesawaran Memberi Bantuan 

MediaSuaraMabes, Pesawaran — Kehidupan pasangan lansia, bah Somad (74) dan bah Kakam (70) yang berada di Dusun Bayur Jaya, RT. 05 Desa Sukajaya Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran  sangat memperihatinkan dan berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Pasangan lansia ini selain tinggal di rumah berukuran 6 × 5  cm beralaskan lantai tanah dan dinding papan, juga tidak ada penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari -harinya, cuman hanya mengharapkan bantuan dari anak-anaknya dan tetangganya untuk menyambung kehidupan sehari- hari.

Di tambah lagi penyakit lumpuh yang di derita Bah Somad sebagai Kepala Kelurga sejak dua tahun lamanya menambah beban Bah kakam ( sang istri ) untuk merawat Somad di tempat tidur lataran tidak bisa beratifitas seperti biasnya.

“Bah somad dan istrinya ini memang perlu perhatinan dari pemerintah Kabupaten Pesawaran ,”kata Warsan, selaku ketua RT. 05 Dusun Bayur Jaya  kepada wartawan saat di hubungi. Sabtu, (16/10/2021).

“Nah yang paling penting untuk membantu pasangan lansia ini perlu adanya korsi roda untuk bah Somad supaya bisa beristirahat dengan baik ,”ucapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa kehidupan bah Somat  dan Istrinya memang sangat memprihatikan lataran pasangan lansia ini selain tinggal di gubuk berukuran 6×5 cm berlantaikan tanah dan dinding papan juga sampai saat ini belum pernah adanya bantuan berupa bedah rumah untuk merenopasi rumahnya agar layak huni.

“Dulu disini  pernah ada bantuan bedah rumah tapi untuk anakanya bah Somad karna anak-anak bah somat ini sudah berkelurga jadi pisah tempat tinggal,”jelasnya.

Warsan juga menjelaskan bahwa keberadan anak-anak bah Somad tidak jauh dari tempat tinggal dari ornag tuanya ini  tapi karna kondisi anak -anak nya juga dalam kedaan susah sehingga anak anaknya juga tidak mampu memberi bantuan kepada orang tuanya.

Baca Juga :  Kunjungan Silaturahmi Wartawan MSM Dalam Menjalin Kerjasama ke Kantor Kepala Desa Lubuk Sakat

“Ini yang menjadi harapan kita kepada pemerintah pesawaran adanya bentuk perhatin dari warganya yang kesusahan”,ucapnya.

Warsan juga menjelaskan selain kehidupan pasangan lansia saomad dan Kakam yang butuh bantuan Ada jugan warga lainya  yang perlu juga uluran tangan dari Dermawan atau  perhatin dari pemerintah pesawaran yakni salah satu lansia  bersetatus janda yakni bah Emik (74) yang sudah beberapa tahun ini di tinggal sang suami.

“Ada lagi salah satu janda lansia yang juga mengahrapkan bantuan berupa korsi roda karna lansia ini sudah tidak bisa berjalan dengan sempurna hanya mengadalkan tongkat untuk berjalan,”ternagnya.

Ia juga menjelaskan kondisi bah Emik sendiri saat ini tinggal sendiri di rumah mendiang suaminya lataran dirinya tidak mau merepotkan anak-anaknya.

“Ya, kalau anak -anak bah Emik sudah berkelurga semua tapi dia tidak mau tinggal dengan anak-anaknya dan tinggal dirumah mendiang suamainya. Kalau untuk kehidupan sehari -hari anak -anaknya yang menaggung.”ucapnya.

“Dan saya berharap ada Dermawan yang mau membantu bah Emik untuk memdapatkan korsi roda agar bisa di gunakanya ,”pungkasnya (*/ Adi Sundari).

Comment