Upacara HUT Kabupaten Nunukan ke – 22 Berlangsung Khidmat dan Lancar, Laura : Starting Poin Untuk Bangkit Dan Pulihkan Ekonomi

MediaSuaraMabes, Nunukan – Pelaksanaan Upacara dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Nunukan yang ke-22 berjalan khidmat dan lancar. Upacara yang dilaksanakan tepat pukul 08.00 WITA ini dilaksanakan di halaman kantor Bupati Nunukan, jalan Ujang Dewa Nunukan Selatan. Selasa (12/11).

Dalam amanatnya selaku Inspektur Upacara Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE.,MM.,Ph.D menyampaikan bahwa Kabupaten yang terus mekar dan berkembang ini telah melakukan pemekaran sebanyak 11 kali berawal dari 5 kecamatan dan sekarang sudah menjadi 21 kecamatan. Perkembangan dan kesuksesan Kabupaten Nunukan ini terbukti dari banyak penghargaan yang telah diraih oleh pemerintah daerah baik di bidang sosial, ekonomi, dan pemerintahan. Satu diantaranya yakni perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut.

“Kita sapu bersih penghargaan WTP selama 6 kali berturut-turut. Ini menunjukkan bahwa kita sukses dalam pengelolaan keuangan. Meski begitu, kita terus berbenah diri. Berbagai kesulitan adalah pengalaman yang harus dijadikan pelajaran,” kata Laura.

Lebih lanjut Bupati Laura dalam sambutannya menyatakan bahwa ulang tahun dengan angka kembar (22) hanya terjadi sekali dalam 10 tahun, sehingga Bupati Laura berharap menjadikan momen ulang tahun ini sebagai starting poin untuk bangkit dan pulihkan ekonomi.

“Hentikan mengeluh perbanyak peluh, seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah daerah dapat membangun Nunukan”, ucap Laura.

Lebih lanjut Asmin Laura mengatakan , meski saat ini PPKM di Nunukan menjadi satu-satunya wilayah di Kalimantan Utara yang saat ini berstatus level 2, namun tetap meminta agar semua pihak tidak boleh lengah.

Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid bersama Wakil Bupati H.Hanafiah dan Sekda Serfianus di stand Nasi tumpeng OPD Setkab Nunukan. [Syafaruddin/mediasuaramabes]
“harapan kita semua agar seluruh wilayah kabupaten nunukan dapat segera memasuki zona hijau, terbebas dari penyebaran virus corona sehingga dapat melakukan aktivitas dengan normal”, ujarnya.

Baca Juga :  Wakil Gubernur LIRA Bersama Kaperwil MSM Jambi, Hadiri HUT Sumpah Pemuda Dan Pemuda Pancasila (PP)

Dalam upacara HUT kali ini ada yang cukup unik, yakni hampir seluruh petugas upacara diperankan oleh perempuan, selaku Komandan Upacara adalah Andi Astuti, ST.,MM (Kabid Prasarana dan Pengembangan Wilayah Bappeda Litbang), Perwira Upacara adalah Endah Kurniawatie, S.Psi (Kabid Perlindungan Anak), Naskah UUD 1945 dibacakan oleh Serlim Hernita, ST (Kabid Informatika Diskominfotik), dan Pembaca Sejarah Singkat Kabupaten Nunukan oleh Yuliana, S.Kom (Kabid Pendapatan Bapenda).

Menurut Bupati Nunukan, H. Asmin Laura Hafid, hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi perempuan setara dengan laki laki.

” Kalau laki-laki kan sudah biasa, jadi kita berikan kesempatan bagi perempuan untuk melaksanakan tugas. Alhamdullilah tadi berjalan lancar. Dari awal masa jabatan, sudah saya tegaskan agar petugas upacara usahakan perempuan. Agar mereka dapatkan ruang,” kata Laura dalam wawancara bersama awak media usai upacara berlangsung.

Tampak turut hadir dalam Upacara HUT Kabupaten Nunukan ini, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE, M.Si, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara Andi Muhammad Akbar, Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Rahma Leppa Hafid, Unsur Forkopimda Kabupaten Nunukan, unsur Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, Instansi Vertikal, tokoh agama,tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penandatanganan SK tentang penggunaan batik Lulantatibu dan aksesoris etnik syal manik Kalimantan di Kabupaten Nunukan. Kemudian penyerahan tali asih secara simbolis kepada siswa yang berprestasi, penyerahan bantuan kursi roda dari BPJS, penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada kepala desa yang telah mengabdi untuk daerah, launching anjungan dukcapil mandiri serta melihat langsung pesta tumpeng yang diselenggarakan oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan. (Prokompim).

Baca Juga :  Ormas Granat Sepakati Pembentukan Pengurus Periode 2022-2027

Syafaruddin/Biro Nunukan

Comment