Vaksinasi Bergerak Gubernur Kalimantan Selatan 2021 Sasar Warga Pedesaan

MediaSuaraMabes, Kalimantan Selatan — Untuk terus memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 dan meningkatkan kekebalan imun warga Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor beserta jajaran Pemprov Kalsel melaksanakan vaksin bergerak ke Desa – Desa di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Tidak ada kata menyerah apalagi berdiam diri dalam memutus mata rantai penyebaran penyakit yang berasal dari wuhan ini, warga Kalsel ini semangat juangnya tinggi. Penjajah Belanda aja di lawan, apalagi ini hanya virus, ucap Gubernur Kalsel yang akrab di sapa Paman Birin memberikan semangat kepada warga yang hadir di setiap tempat vaksinasi di Desa – Desa.

Pelaksanaan vaksin bergerak ini di mulai pada hari rabu 06 oktober 2021, menuju tempat tujuan pertama vaksin bergerak SMA Don Bosco di jl. Rantauan Ilir dan lanjut ke Alun – alun kab. banjar, setelah itu berangkat lagi menuju bati – bati Tanah Laut. Selesai peninjauan vaksinasi bergerak di Tanah Laut, Gubernur Kalimantan Selatan beserta rombongan menuju Kabupaten Tanah Bumbu dan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kotabaru.

Tidak hanya melaksanakan peninjauan vaksin bergerak, hari kamis tanggal tujuh oktober 2021 Gubernur Kalsel juga meresmikan Rumah Sakit Apung Nusa Waluyo 2 yang ada di Kabupaten Kotabaru. Selesai acara di Rumah Sakit Apung Nusa Waluyo 2, rombongan Gubernur dan jajaran Pemprov Kalsel melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dalam perjalanan touring vaksin bergerak ini, rombongan mendapat insiden, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini terjatuh ke dalam kubangan lumpur karena jalan licin akibat hujan deras. Perjalanan dihentikan sementara dan Gubernur Kalsel Paman Birin pun di evakuasi ke rumah warga di perbatasan antara Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Baca Juga :  Pemkab Langkat Hadiri Komsos di Kodim 0203/LKT

Selang beberapa jam berikutnya, rombongan Gubernur dan jajaran Pemprov Kalsel melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan bermalam di salah satu rumah Kepala Desa yang ada di ujung Kecamatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Seluruh rombongan diminta untuk beristirahat sambil melakukan pengecekan kendaraan roda dua dan roda empat.

Gubernur Kalsel Paman Birin beserta rombongan [Rivani Abdi/mediasuaramabes]
Sebelum memulai acara pada Jum’at pagi, Gubernur memastikan semua anggota rombongan dalam keadaan sehat dan kendaraan roda dua dan roda empat layak untuk melanjutkan perjalanan. Vaksinasi bergerak pertama yang disinggahi adalah di Desa Durian Gantang, Hulu Sungai Tengah dan terlihat warga masyarakat antusias mengikuti vaksin bergerak yang di adakan Pemprov Kalsel dan Pemkab Hulu Sungai Tengah ini. Selain meninjau vaksinasi bergerak ini, Gubernur juga memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat dan bantuan kepada rumah ibadah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Sesampainya di SMAN 1 Balangan, Gubernur langsung meninjau lokasi vaksinasi bergerak dan menyerahkan bantuan kepada rumah ibadah. Setelah bersilaturahmi dengan Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Balangan, Gubernur kalsel melanjutkan perjalanan ke Jaro, Kabupaten Tabalong untuk peninjauan vaksinasi bergerak dan sekaligus panen padi. Selesai panen padi Paman Birin menuju pondok pesantren raha di Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk peninjauan vaksinasi bergerak dan penyerahan bantuan untuk pondok pesantren raha.

Sabtu, sembilan Oktober 2021, tempat pertama yang di singgahi Gubernur kalimantan selatan dua periode ini adalah di pondok pesantren Minhajul Abidin di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, selesai peninjauan vaksinasi bergerak dan penyerahan bantuan, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tapin melaksanakan panen cabai hiyung. Dari panen cabai hiyung, rombongan Gubernur bergeser ke SMA Candi Laras Selatan untuk peninjauan vaksinasi bergerak. Setelah memberi semangat kepada pelajar dan juga masyarakat Kabupaten Tapin yang ikut vaksin covid-19, rombongan melanjutkan perjalanan ke Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Di lokasi acara vaksinasi bergerak Marabahan Kabupaten Barito Kuala, Gubernur dan rombongan diterima Bupati beserta jajaran Pemkab Barito Kuala untuk peninjauan vaksinasi bergerak dan penyerahan bantuan untuk rumah ibadah.

Baca Juga :  Rapat Kerja Perdana di Tahun 2023, Jajaran Lapas Banyuwangi Semangat Tingkatkan Kinerja

Setelah bersilaturrahmi, terlihat Paman Birin dan rombongan meninggalkan Kota Marabahan dan menuju tempat finish touring Desa vaksinasi bergerak 2021 di Bapelkes Banjarbaru. Acara touring Desa vaksinasi bergerak 2021 ini tidak lain adalah upaya ikhtiar Pemerintah Provinsi untuk memutus mata rantai penularan covid-19 dan meningkatkan herd immunity serta memberi semangat kepada masyarakat pedesaan yang terdampak akibat virus covid-19 ini. Total masyarakat yang mendapatkan vaksin ini berjumlah 67.510 orang, terakhir sebelum menutup acara, beliau berpesan tetap jalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, menghindari mobilitas dan ikuti program pemerintah dengan vaksin covid-19. Tentunya vaksin ini aman dan halal, ucap Gubernur kalimantan selatan Paman Birin.

(msm/mra)

Comment