Kegiatan LDKS SMAN Cikembar Dalam Masa Pandemi Covid-19

Suara Mabes, Sukabumi – SMA Negeri Cikembar Kabupaten Sukabumi, membangun pendidikan karakter siswanya melalui program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) untuk pengurus OSIS periode 2021– 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sekolah.

“Sebanyak 80 siswa – siswi pilihan yang ikut telah disaring melalui beberapa tahapan. Diantaranya, tes IQ, tes wawancara dan tes orasi,” kata Waka Kesiswaan SMA Negeri Cikembar, Yopi Taufik Munggaran, S.Pd. Saat di sekolah, Sabtu (25/09/2021), kegiatan diisi dengan materi kepemimpinan, manajemen organisasi.

Dijelaskannya, kegiatan yang mengusung tema “Smarsi Nagara Wibawa Sakti.” Berkarakter dan Religius di Era Digital tersebut sangat positif, memberi bekal non-akademik pada anak – anak. Khususnya, dalam kemampuan berorganisasi, team building dan penguatan pendidikan karakter anak.

Pada hari pertama LDKS dilaksanakan kegiatan yang mengasyikan, seru dan menyenangkan namun tetap mengedepankan karakter kerjasama dan gotong royong. Hal tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya.

Ditambahkannya, semua rangkaian kegiatan melibatkan sebagian kakak kelas dan dipegang sepenuhnya oleh Guru. Selain itu tidak dipergunakan cara penggojlokan, karena sudah bukan zamannya lagi dan cenderung tidak mendidik.

Generasi sekarang harus diberi pemahaman mengenai berpikir kritis dan mencari solusi. Hal demikian tidak akan tercipta dengan adanya sistem gojlog yang cenderung mengarah ke bullying.

“Melalui LDKS, kami mengharapkan pengurus OSIS periode 2021/2022 mampu menjadi pribadi yang unggul, berkarakter dan religius di era digital,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri Cikembar, Erwanda, M.Pd menyampaikan, intinya LDKS merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Namun karna dalam kondisi pandemik 2 tahun berlalu, baru tahun ini kami melaksanakn LDKS lagi. Dengan tujuan sebagai pembekalan kepada pengurus OSIS agar memiliki kemampuan dalam berorganisasi, bagaimana memimpin sebuah rapat, menghargai pendapat orang lain dan belajar bertanggung jawab.

Baca Juga :  Kapolda Sumsel : Tingkat Kriminalitas di Wilayah Sumatera Selatan, Khususnya Kejahatan Menonjol Sepanjang 2021.

“Harapan saya kepengurusan baru OSIS ini, dapat memberikan warna yang positif dan memberikan kontribusi untuk kemajuan sekolah,” pungkasnya.

Reporter : Soni Sadikin

Comment