Seekor Paus Terdampar di Sungai Poronai Nabire

MediaSuaraMabes, Nabire – Seekor ikan Paus terdampar, lalu mati di Sungai (Kali) Poronai, Distrik Wapoga Kabupaten Nabire, Papua. Ikan dengan panjang hampir 9 meter itu diperkirakan berada di darat Kali Poronai pada Selasa (14/09) pekan lalu.

Kali Poronai adalah salah satu Kali di Distrik Wapoga. Untuk menemukan ikan Paus yang terdampar ditengah Kali, perlu menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu Jhonson mengusuri Kali selama empat jam. Sementara dari Nabire ke Wapoga hampir dua jam perjalanan, juga dengan perahu Jhonson.

Risal Wakum, petugas Puskesmas Maniwo, Distrik Wapoga mengisahkan, sekembalinya dari Nabire di tempat tugasnya pada Rabu (15/09) lalu, warga setempat menceritakan jika terdapat seekor ikan Paus yang terdampar di Kali Poronai. Ia dan rekan penasaran dan langsung ingin melihat ke Tempat Kejadian.

“Karena penasaran, kami langsung mau liat. Saat tiba, ikan paus sudah mati, padahal sebelumnya (kemarinnya), masyarakat bilang masih hidup,” ujar Risal Wakum, ketika dihubungi Suaramabes, melalui telepon genggamnya. Selasa petang (21/09/2021).

Ia menjelaskan, Paus naas itu perkirakan baru saja mati sebab badannya masih hangat. Sepertinya sakit karena terdapat beberapa luka di badannya.

Kata Dia, warga kemarinnya ingin berupaya untuk mengembalikan Paus ke air untuk kembali ke habitatnya. Namun terkendala tidak ada peharu besar yang bisa menariknya. Belum lagi tidak punya bahan bakar minyak untuk mesin Jhonson.

“Jadi karena tidak ada perahu yang besar, dan bensin cukup. Sebab terdamparnya sangat dekat kedaratan,” jelasnya.

Lanjutnya, hingga saat ini bangkai hiu paus masih berada di tempat kejadian. “Sampai sekarang bangkainya masih ada di sana (KaliPoronai),” ucap Petugas Mantri yang bertugas di Puskesmas Wapoga itu. (PS)

Baca Juga :  UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN (UPP) LAUNCHING PROGRAM ECC

Comment