Tebar Benih Ikan Untuk Menjaga Ekosistem Sungai, FKJR Berkolaborasi Dengan POKDARWIS

MediaSuaraMabes, Yogyakarta – Sleman
Dalam upaya membantu mengembalikan ekosistem sungai, Ormas Forum Komunikasi Jogja Rembug (FKJR) melakukan tebar benih ikan nilem di sungai Green Kayen, yang terletak di Paukuhan Kayen, Kalurahan Condong Catur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Senin (20/09)

Dadang Setiawan selaku Ketua Pokdarwis mengatakan ini adalah sebagai upaya kita semua dalam menjaga keseimbangan alam khususnya ekosistem air dengan tebar benih ikan ini juga untuk mendukung program Komunitas Kali Green Kayen, Salah satunya dengan tebar benih ikan.

FKJR bekerjasama dengan Organisasi Kepemudaan yang tergabung dalam Pokdarwis, FKJR menyumbang 3 kantong yang berisi 500 benih ikan nilem.
Ketua Pokdarwis Green Kayen, Dadang Setiawan di wakili Rahmad Tri Sulistyo dan Ketua pemuda, Aditya Setyo Nugroho, Serta Ketua FKJR Korwil Kota, R. Ridwan Andriyanto, di dampingi Ketua FKJR Korlap Batas Kota, Laksono Putra, turut langsung ikut melepas benih ikan ke sungai.

Ketua FKJR Korwil Kota mengatakan, “kami ingin ikut berpartisipasi tebar ikan karena kita juga sangat mencintai alam”.

Menurut nya belakangan ini ikan di sungai semakin habis karena kondisi sungai yang rusak akibat pencemaran air. Selain itu, sebelum ada aturan yang ketat, banyak penangkapan ikan dengan cara di obat ataupun di setrum, sehingga lambat laun ikan mati dan habis.

Tujuan diadakannya penyebaran benih ikan ini adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan/ekosistem perairan umum, khususnya sungai dan menambah ketersediaan stok ikan di perairan umum.

“Kami menghimbau masyarakat agar ikut aktif menjaga dan mengawasi, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga dan jangan menangkap ikan yang masih kecil, dan memberi kesempatan agar ikan tersebut menjadi besar dan berkembang biak sehingga manfaatnya menjadi jauh lebih besar”, pungkas Ridwan (BILLY)

Baca Juga :  Camat Sungkay Tengah Apresiasi Langkah Kades Dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Comment