*Pelantikan Pengurus KORMI Kabupaten Nunukan, Asa Baru Pengembangan Olahraga Tradisional Yang Terlupakan*

MediaSuaraMabes, Nunukan – Sebanyak 40 orang pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Nunukan periode 2021 – 2025 dilantik oleh Ketua KORMI Provinsi Kalimantan Utara, Dr. Yansen TP, M.Si., di lantai V Kantor Bupati Nunukan, Sabtu (18/09/2021).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Drs.H.Zainal Arifin Paliwang,M.Hum, Bupati Nunukan, Hj.Asmin Laura Hafd,SE.,MM.,Ph.D dan Ketua DPRD Nunukan, Hj. Rahma Leppa, Wakil Ketua DPRD Andi Hamzah, Forkompinda Kabupaten Nunukan, Wakil Bupati Nunukan, H.Hanafiah, Ketua KONI Kaltara, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Nunukan, Ketua KONI Kabupaten Nunukan dan perwakilan organisasi olahraga di Kabupaten Nunukan.

Ketua KORMI Kabupaten Nunukan H. Muhammad Andi Akbar,SE.,MM yang baru dilantik menyatakan kesiapannya mengemban amanah yang diberikan kepadanya.

Dia optimis dengan dukungan dari berbagai pihak, ia bersama seluruh pengurus KORMI dapat membesarkan organisasi ini di tapal batas NKRI.

“Kehadiran KORMI diperbatasan ini menjadi bagian dari solusi untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya dan olahraga dalam rangka memperkokoh karakter bangsa dan meningkatkan edukasi budaya melalui olahraga warisan leluhur kita di negeri tercinta ini,” kata Andi Akbar dalam sambutannya pasca pelantikan.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltara ini menyadari sejumlah tantangan yang dihadapi dalam melestarikan kebudayaan yang merupakan jati diri bangsa di era yang serba instan seperti sekarang ini.

Oleh karenanya melalui KORMI dia bertekad untuk mengukuhkan semangat mental kebangsaan melalui olahraga tradisional rekreasi ini.

“Mari Kita kembangkan prestasi olahraga tradisional masyarakat perbatasan serta memperkenalkan potensi budaya lokal untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan juga pengembangan sektor ekonomi kreatif untuk memajukan masyarakat Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara yang berdaya saing dan berkemajuan,” tambahnya.

Baca Juga :  Kunker Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S Irawan, SH, SIK, MH dan Bhayangkari Cab. Bitung Ny. Gita Alam Kusuma di Polsek Lembeh Selatan

*Pernyataan Ketua KORMI Provinsi Kaltara*

Sementara itu, Ketua KORMI Provinsi Kalimantara Utara Dr.Yansen.TP,M.Si menyampaikan apresiasi atas komitmen dari Ketua KORMI Kabupaten Nunukan yang baru dilantik.

Dia berharap pengurus KORMI Nunukan bisa menggali potensi alam yang ada yang selama ini belum tergarap maksimal.

“Ada jet ski arung jeram di Kabupaten Nunukan, ini bisa menjadi event sekaligus rekreasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Yansen menambahkan perlu sinergi yang berkesinambungan antar induk organisasi olahraga yang ada agar semua upaya dapat tercapai.

“Dan semangat organisasi induk olahraga seperti KONI, KOI dan KORMI harus saling bersinergi di Kalimantan Utara,” imbuhnya.

*Harapan Gubernur Kepada Pengurus KORMI*

Lebih lanjut, Gubernur Kalimantan Utara, Drs.H.Zainal Arifin Paliwang,M.Hum, berpesan kepada pengurus KORMI agar bisa berinovasi agar menciptakan event-event untuk menjaring atlet berprestasi.

“Semoga dibawah kepemimpinan H.Andi Akbar, KORMI Nunukan bisa berprestasi menghadapi event antar Kabupaten, sehingga nanti juara-juara itu akan kita ikutkan dalam Pekan Olahraga Nasional KORMI di Palembang,” sebutnya.

Gubernur menegaskan olahraga rekreasi ini sangat murah, sehingga tidak diperlukan biaya yang besar untuk menjalankannya.

“Buktinya apa? main Gaplek, disamping murah tapi bukan murahan, mudah dimainkan dari berbagai kalangan mulai anak kecil sampai nenek bisa memainkannya, disamping olahraga ini menarik ditonton, karena ada ketenangan, ada humor sehingga memiliki daya tarik,” tambahnya.

Acara pelantikan pengurus KORMI Kabupaten Nunukan ini disaksikan juga oleh, Ketua KORMI Pusat Dr.Hayono Isman dan Ketua Cabor KORMI secara virtual.

Syafaruddin/Biro Nunukan

Comment