Laura : RS Pratama Sebuku Ditargetkan Beroperasi November Tahun Ini

MediaSuaraMabes, NUNUKAN – Aspirasi masyarakat di daerah dataran Kalimantan / Kabudaya daerah pemilihan III Nunukan, soal keberadaan Rumah Sakit Pratama Sebuku yang belum difungsikan mulai menemukan titik terang.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura, S.E, M.M.Ph.D., kepada awak media setelah melakukan peluncuran penyaluran Jaring Pengaman Sosial di gedung Bank Kaltimtara Cabang Nunukan, Senin 30/08/2021 lalu.

”Target kita sebenarnya pada bulan sembilan dimanfaatkan, ya paling lama Insha Allah bulan 10 atau bulan 11, mohon doanya,’’ ujar Laura.

Menurut Laura memang ada beberapa kendala yang menyebabkan RS Pratama Sebuku belum difungsikan, diantaranya adalah bangunan tersebut berdiri di kawasan hutan.

Namun demikian, Pemkab Nunukan sudah mengupayakan operasional dengan pertimbangan bangunan tersebut adalah fasilitas umum (Fasum) yang bersifat urgen dan menjadi harapan masyarakat disana untuk mendapatkan akses dan layanan kesehatan lebih layak.

‘’Jadi itu masuk kawasan hutan. Pemkab sudah mengusulkan percepatan karena itu Fasum, sehingga harapannya ada pengecualian dan sebagainya. Ada mekanisme yang berjalan di tingkat Provinsi Kaltim saat itu, dan saya dapatkan informasi itu sudah clear. Saat ini kita sedang ajukan proses perizinan operasional, jadi itu membutuhkan dokuman Amdal sebagai syarat, Amdal harus ada izin pemanfaatan lahan dan syarat lainnya, Alhamdulillah semua clear, dan saat ini berproses di Kementrian Kesehatan,’’ jelasnya.

Selain itu Pemkab Nunukan juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kaltara mengenai sarana prasarana pendukung, termasuk, Alkes, SDM serta biaya operasional.

‘’Karena memang mengoperasionalkan rumah sakit butuh biaya, saat ini pemda juga sangat sulit-sulitnya terkait anggaran. Alhamdulillah kemarin pak Gubernur merespon positif dan menginstruksikan segera difungsikan,’’ imbuhnya.

Laura menegaskan, pengoperasian RS Pratama Sebuku sangat mendesak dilakukan terlebih dimasa pandemi seperti ini.

Baca Juga :  Konvoi 33 KRI Awali Latihan di Perairan Bubus Kecamatan Belinyu Menuju Daerah Latopsfib

‘’Semoga dalam waktu dekat izin keluar, karena alkes juga siap disana, kita tinggal kami menempatkan staf dan beberapa dokter disana. Untuk biaya operasional, kita sudah minta melalui tim anggaran, ketika ada transfer masuk misalnya, agar masalah ini diprioritaskan. Semua proses berjalan sambil melengkapi, kita berdoa saja semoga cepat beroperasi,’’ ujar Laura.

Untuk diketahui, RS Pratama Sebuku menjadi harapan bagi warga di sejumlah Kecamatan seperti Kecamatan Sebuku, Kecamatan Seimanggaris, Kecamatan Tulin Onsoi, dan Kecamatan Sembakung untuk lebih mudah mendapat akses kesehatan.

Syafaruddin / Biro Nunukan

Comment