Wakil Bupati H. Hanafiah Tinjau Ruangan Eks Kebakaran di RSUD Nunukan

MediaSuaraMabes, Nunukan – Kebakaran yang terjadi di ruangan bagian keuangan RSUD Nunukan, Jumat (27/8) mendapat perhatian khusus dari Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah, SE.M.Si dengan melakukan peninjauan di lokasi kejadian pada Sabtu (28/08/2021).

Peninjauan di rumah sakit ini, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE.M.Si, dengan didampingi oleh Kabag Humas dan protokol Setda Nunukan Hasan Basri Mursali,S.Ip ditemui oleh Direktur RSUD Nunukan, dr.H.Dulman dan langsung menuju lokasi bekas kebakaran yang terletak di lantai 2 gedung utama.

Wakil Bupati Nunukan sesampainya didepan ruangan bagian keuangan , hanya bisa melihat dari luar karena telah terbentang police line yang dipasang oleh pihak kepolisian tak berselang lama setelah kejadian kebakaran tersebut.

Direktur RSUD Nunukan, dr.H.Dulman menjelaskan kepada Wakil Bupati Nunukan,”api pertama kali diketahui melalui CCTV yang terpantau di pos jaga satpam. Satpam yang mengetahui kebakaran tersebut kemudian langsung meminta bantuan untuk memadamkan api,” ucap dr.Dulman.

“Kebetulan ada salah satu tim pemadam kebakaran dan anggota Kodim Nunukan yang stanby di dekat rumah sakit dengan sigap menjebol pintu dan jendela agar bisa masuk dan api bisa dipadamkan dengan menggunakan sekitar 12 Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tersedia”, tutur dr. Dulman.

Menurut dr.Dulman, api hanya membakar ruangan bagian keuangan saja danl belum sempat menjalar ke ruangan lain,” jika telat beberapa menit saja, gedung utama ini bisa habis terbakar. Kejadiannya sekitar jam 6 sore bukan jam kerja, walau sempat ada lembur karyawan namun sekitar jam 5 sudah pulang semua dan ruangan sedang kosong, tapi begitu mendengar ada kebakaran mereka kembali lagi untuk mengamankan berkas-berkas yang sekiranya bisa terselamatkan”, tambahnya.

Karena api lumayan besar terlihat dari beberapa meja dan AC yang juga ikut meleleh karena terbakar, sampai plafon juga ikut terbakar, dan banyak tumpukan kertas-kertas dokumen yang juga ikut terbakar.

Baca Juga :  Bonawi dan Munawir, Tidak Menyangka Menerima Bantuan Rumah Dari Gubernur Jawa Tengah

“Pihaknya telah melaporkan kepada Pihak Polsek Nunukan malam kejadian itu juga, apa lagi dalam ruangan tersebut banyak berkas-berkas penting yang ikut terbakar, jadi agar tidak rancu dan banyak kesimpang siuran informasi dan praduga macam-macam, biar penyebab kebakaran ini dari pihak kepolisian nanti yang akan menjelaskannya,” tambah dr.Dulman.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Setkab Nunukan, Hasan Basri Mursali mengatakan,” saat wakil bupati meninjau ruangan bagian keuangan yang terbakar itu, beliau meminta kepada Direktur RSUD Nunukan agar instalasi-instalasi listrik di rumah sakit lebih diperhatikan lagi karena merupakan fasilitas publik dan menyangkut keselamatan orang banyak,” tuturHasan, dihubungi media ini, Minggu (29/8/2021).

Menurut Hasan, Wabup Nunukan juga berharap agar pegawai-pegawai di setiap ruangan agar sering memperhatikan kondisi instalasi listrik diruang masing-masing, dan terhusus bagi security di rumah sakit ini agar senantiasa mengontrol keadaan setiap saat agar kedepannya hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi,” ujar Hasan.

Syafaruddin/Biro Nunukan

Comment