MAMA OOT MAESTRO SENIMAN GITAR SULING ( TARLING ) INDRAMAYU MENINGGAL DUNIA

SuaraMabes, Indramayu – Dunia musik tembang gitar dan suling ( tarling ) dirundung duka. Suyoto ( Mama Oot ) maestro, sesepuh tarling menghembuskan nafas terakhir di usia yang ke 69 tahun pada hari kamis malam jum’at sekitar pukul 17:45 Waktu Indonesia Barat, 08 juli 2021 lalu di kediamannya di Desa Lemah Abang, Kecamatan / Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Jenazah almarhum yang lebih dikenal dengan nama Mama Oot dikebumikan pada hari jum’at 09 juli 2021, di Pemakaman Samsu Indramayu. Penyakit paru-paru, lambung dan jantung yang dideritanya selama puluhan tahun menjadi penyebab pria yang lahir di Desa Sukahati, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, tersebut meninggal dunia.

Putra kedua Mama Oot, Dede ( 38 ), kepada SuaraMabes menceritakan kondisi terakhir sang ayah. Sekitar 3 minggu sebelum kepergiannya, almarhum sempat merasakan dada sesak dan sakit. ” Mama ( Bapak ) merasakan dadanya sesak dan sakit serta panas dibagian perutnya. Sudah diberikan obat maupun jamu sakitnya berkurang namun kambuh kembali, sampai mau dibawa ke Rumah Sakit Umum, Mama tidak mau. Sampai akhirnya meninggal dunia pada hari kamis malam jum’at sekitar pukul 17.45 di rumah. Almarhum Mama Oot sempat berpesan untuk melanjutkan kesenian tarling dan jangan sampai punah. Banyak piagam penghargaan yang telah diraih oleh Mama Oot ( Sanggar Seni Tirta Budaya ) diantaranya adalah Piagam Penghargaan dari Bupati Purwakarta Bapak Dedi Mulyadi dua tahun berturut-turut pada tahun 2014 dan tahun 2015 dalam acara Panggung Tatar Sunda dan Cirebonan dalam rangka Milangkala Purwakarta Ke 183 dan 184, Kabupaten Purwakarta Ke 46 dan 47. Pungkas Dede.

Ketua Dewan Kesenian Indramayu, Sihabudin lebe atau yang sering dipanggil Udin lebe ini memaparkan, ” Menurut nya almarhum adalah sosok tokoh budaya yang banyak melakukan kontribusi terhadap kemajuan seni tarling, baik tingkat Daerah maupun Nasional serta tanah air khususnya di Kota Indramayu. ” Mama Oot merupakan sosok yang tegas, piawai dalam mendidik anak-anak junior dalam berlatih kesenian gitar dan suling ( Tarling ). Udin lebe, mengucapkan rasa bela sungkawa sedalamnya atas meninggalnya Maestro Tarling Indramayu Mama Oot, pada acara pemakaman almarhum, jum’at 09 juli 2021 dirumah kediaman Alm. Mama Oot. ” Saya atas nama pribadi dan seniman Indramayu turut berduka cita atas meninggalnya dunia tokoh, sesepuh Maestro Tarling Indramayu Mama Oot. Semoga beliau diterima iman islamnya, ditempatkan yang terbaik, diampuni seluruh dosanya oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. ( MUHAEMIN )

Baca Juga :  Kerusakan Jalan di Kabupaten Pati Menjadi Catatan Tersendiri Bagi DPUTR

Comment