100 Isi Tabung Oksigen Medis Di Datangkan H.Herman Dari Malaysia Telah Tiba di Sebatik.

SuaraMabes, Nunukan – Dengan meningkatnya pertambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 sejak akhir Juni lalu sampai saat ini, maka ketersediaan oksigen medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Nunukan dan sejumlah Puskesmas Rawat Inap di beberapa kecamatan juga semakin menipis.

Bahkan Pihak RSUD Nunukan minggu lalu harus mendatangkan dari Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur dengan waktu perjalan darat dan laut yang cukup lama dan mengeluarkan cost transfortasi yang cukup pantastis. Hal itu dilakukan karena dua rekanan di Kota Tarakan yang mensuplai kekurangan RSUD Nunukan selama ini, harus memenuhi kebutuhan Rumah Sakit di daerah tersebut.karena di Kota Tarakan juga konfirmasi kasus Covid-19 juga meningkat.

Mendengar informasi itu dan harus mendatangkan dari wilayah Kalimantan Timur, membuat Haji Herman Baco,SE,MM salah seorang pengusaha di Pulau Sebatik Indonesia terpanggil untuk ikut membantu dengan melakukan pengisian ulang tabung oksigen medis di Kota Tawau Sabah Malaysia.

Haji Herman Baco,SE,MM, Pemilik CV Kebalen Jaya, mengatakan,” Alhamdulillah bantuan 100 tabung oksigen medis ukuran besar yang diisi ulang di Hospital Tawau telah tiba di Pulau Sebatik sekitar pukul 17.30 Wita sore tadi dan langsung saya serah terimakan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan yang diwakili Kepala Puskesmas Sungai Nyamuk Mardawiyah,S.Si.,Apt, bersama Camat Sebatik Timur yang diwakili Kasi Kesra H.Muliama” Ucapnya dihubungi via WhatApp oleh media Suara Mabes Senin (02/08/2021) sore tadi.

Menurut Tokoh Masyarakat sekaligus Pengusaha ini, yang akrab dipanggil Haji Andeng, setelah mendapatkan informasi dari Usman Makkulau Salah satu Pemuda di Sebatik bahwa stok oksigen di RSUD Nunukan semakin menipis, lalu mencoba menghubungi salah satu keluarganya yang tinggal di Kota Tawau untuk bisa mencari tahu apakah di sana ada stok pengisian tabung oksigen medis. Oleh keluarganya diinfokan bahwa Hospital Tawau bisa membantu dan saat ini masih ada kelebihan stok.

Baca Juga :  Ketua BPW Teluk Cendrawasih Lantik 33 Pendeta Muda

Lanjut Haji Herman, atas informasi itu , dirinya menyampaikan kepada Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid dan Gubernur Kaltara H.Zainal Arifin Palliwang terkait rencananya ingin membantu mendatangkan Oksigen medis dari Tawau. Bu Bupati dan Pak Gubernur sangat respon rencana ini dan berharap bisa diupayakan pengisian tabung oksigen tersebut,” ucapnya.

Kemudian Pemilik Perusahaan Kebalen Jaya ini, melakukan komunikasi dengan Konsulat RI di Kota Tawau menyampaikan hal ini, dan respon dari Konsul kita disana sangat baik dan siap membantu memfasilitasi dengan pihak Otoritas terkait disana.

Menurut H.Herman Baco, untuk transfortasi dari Tawau ke Pulau Sebatik, dirinya menghubungi Hj.Emi dan masih familinya yang memiliki perahu ukuran cukup besar. Dan Hj.Emi menyanggupi dan menggratiskan biaya transfortnya untuk mengirimkan 100 tabung oksigen medis ukuran besar tersebut dari Tawau ke Pulau Sebatik.Ini semata-mata dilakukan karena ikut terpanggil sebagai kepeduliannya disaat sulit dalam menghadapi Covid-19 ini.

‘Dirinya bersama keluarganya bekerjasama dengan Konsulat RI di Tawau siap membantu Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk bekerjasama dengan Pihak Hospital Tawau terkait kebutuhan oksigen medis secara kontinyu oleh pihak RSUD Nunukan secara gratis sepanjang stok di sana ada, untuk dapat didistribusian ke wilayah Nunukan. Apalagi Pihak Otoritas di Tawau Sabah Malaysia juga berpandangan bahwa penanganan Covid-19 adalah permasalahan kemanusiaan, apalagi kita ini negara serumpun,” pungkas Haji Herman Baco.
Syafaruddin/Biro Nunukan.

Comment