Serbuan Vaksin Maritim Ke 4 Kalinya Digelar Lanal Nunukan

SuaraMabes, Nunukan – Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Nunukan Kalimantan Utara juga terus ambil peran melakukan serbuan vaksin untuk mengantisipasi penyebaran wabah covid-19.

Program 1 vaksin perhari yang merupakan program pemerintah pusat wajib kita sukseskan, dan TNI menjadi garda terdepan dalam perang biologi dan mental melawan wabah Covid-19.

Di kabupaten Nunukan Kalimantan Utara yang merupakan daerah perbatasan RI – Malaysia, alokasi vaksin masih sangat terbatas sehingga belum bisa menjangkau masyarakat pedalaman yang tinggal di pelosok negeri.

”Sementara kita memang masih fokus di wilayah Nunukan Kota. Kedepan kita akan menargetkankan serbuan vaksin untuk Pulau Sebatik, termasuk berupaya jemput bola kepada para nelayan,”ujar Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, Sabtu (17/07/2021).

Menurut Danlanal, nelayan sering melaut dan tidak bisa pulang sampai berminggu minggu, sehingga hal tersebut menjadi perhatian TNI AL Lanal.Nunukan.

Sejauh ini antusiasme masyarakat Nunukan terhadap serbuan vaksin covid-19 cukup tinggi, dibuktikan dengan keempat kalinya Lanal Nunukan sebagai penyelenggara Vaksinasi Maritim masih banyak yang belum bisa dilayani karena keterbatasan vaksin dan tenaga medis yang kita libatkan.

Serbuan vaksin yang dilaksanakan oleh Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Nunukan diserbu warga. Seperti yang terjadi di Pelabuhan Lintas Batas Laut (PLBL) Liem Hie Djung Nunukan, hari ini, Sabtu (17/07/2021).

Petugas kita bahkan kewalahan mengatur jarak antrean, sekaligus terus menjaga agar masyarakat tidak melepas masker dan tetap menjaga jarak.

Tingginya animo masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin merupakan hal positif. Dan diharapkan antusiasme ini terus ada dan semangat untuk menyelesaikan program vaksinasi massal Nasional.

”Sehingga semua segera tervaksin dan bisa terbebas dari Covid-19,” ucap Danlanal.

Danlanal menegaskan, LANAL Nunukan akan terus melakukan vaksin serbuan dan menargetkan masyarakat wilayah maritim, pekerja pelabuhan dan nelayan bisa terlayani.

Baca Juga :  Danyonif 9 Marinir Beserta Perwira Yonif 9 Marinir Tinjau Sarana Dan Pra Sarana Di Ksatrian

Dan tidak menutup kemungkinan, anak kecil juga masuk daftar peserta vaksinasi covid-19.Sampai hari ini, LANAL Nunukan sudah melakukan 4 kali serbuan vaksin dan telah menyuntikkan vaksin kepada sekitar 2000an masyarakat.

Untuk serbuan vaksin keempat yang dilakukan LANAL Nunukan kali ini, hanya untuk 160 dosis vaksin sinovac. Antrean panjang yang terjadi membuat sebagian warga tidak terakomodir karena alokasi vaksin yang terbatas.

”Kita berhitung juga karena kita menunggu alokasi saja. Itulah, mengapa kita tidak punya target berapa yang akan kita vaksin, karena pihak LANAL Nunukan hanya menunggu alokasi saja. Tapi serbuan vaksin merupakan program sinergi antara pemerintah dan institusi TNI Polri,” katanya.

Dari target vaksin sekitar 182.886 orang di Kabupaten Nunukan, sampai saat ini ada sekitar 15.454 orang yang menerima dosis dosis 1. Sementara sekitar 6.323 orang yang sudah menerima dua kali vaksin di Kabupaten Nunukan,”pungkas Danlanal.

Syafaruddin/Biro Nunukan

Comment