Kapolsek Kawasan Gilimanuk Pantau Pencegahan Kebakaran Hutan dengan Kegiatan Ngetril di Cekik

MediaSuaraMabes, Gilimanuk Bali – Dalam upaya menjaga kesehatan serta mengawasi potensi kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Polres Jembrana, Polda Bali, KOMPOL I Komang Muliyadi, S.H., M.M., bersama lima anggotanya melaksanakan kegiatan ngetril pada Minggu, 27 Oktober 2024. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 10.00 WITA hingga 14.00 WITA ini menyusuri area Cekik, sebuah wilayah yang dikenal rawan akan kebakaran hutan terutama di musim kemarau.

Dalam kegiatan ini, I Komang Muliyadi menerapkan prinsip mens sana in corpore sano, yang berarti “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Prinsip ini diimplementasikan dengan menggabungkan aktivitas olahraga melalui ngetril, sekaligus memaksimalkan peran pengawasan di wilayah yang berpotensi terjadi kebakaran hutan.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk menjaga kebugaran, tetapi juga untuk memberikan pengawasan yang lebih dekat terhadap area yang rawan kebakaran. Dengan cara ini, kami dapat melihat langsung kondisi terkini di lapangan dan siap memberikan respons cepat jika terjadi potensi bahaya,” ujar Kapolsek Gilimanuk.

Para personel yang terlibat dalam kegiatan ini menelusuri berbagai titik yang berisiko, terutama area dengan vegetasi kering yang mudah terbakar. Selama kegiatan ngetril, mereka juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat sekitar agar lebih waspada terhadap potensi kebakaran, terutama dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan atau menyalakan api di dekat hutan.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari warga setempat yang merasa lebih tenang dengan adanya pengawasan langsung dari pihak kepolisian. Mereka berharap langkah preventif ini dapat terus dilakukan, mengingat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta keamanan masyarakat dari ancaman kebakaran hutan.

Sebagai bagian dari upaya preventif di wilayah hukum Polres Jembrana, kegiatan ini juga menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan sekaligus peduli terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Polres Sintang Kerahkan Ratusan Personel Dalam Pengamanan Aksi Damai Masyarakat

humpolgilimanuk
(redMSM).

Comment