Upacara Hari Kemerdekaan RI -79, YUA Jatim Berikan Kesan Tersendiri

MediaSuaraMabes, Kota Batu – Pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI – 79 Yayasan Ujung Aspal (YUA), Jawa Timur yang dilaksanakan di halaman Resto Dapur Sultan Agung kota Batu, Sabtu pagi (17/8/2024) penuh dengan kesederhanaan berlangsung hikmad dan berikan kesan tersendiri.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Drs.Warto Adi. Sebagai Komandan Upacara, Firman Syah.

Dalam segala kesederhanaan para peserta upacara tampak begitu bersemangat terlihat dari wajah dan sikap siap pada saat melaksanakan upacara bendera penuh rasa tanggung jawab dan kompak.

Ketua YUA Jatim, Alex Yudawan saat dikonfirmasi menuturkan, bahwa sebagai warga negara Indonesia wajib dan harus menghormati semua perjuangan para pejuang bangsa yang telah membebaskan negeri ini dari penjajah dan bendera merah putih harus dikibarkan setiap perayaan 17 Agustus dalam upacara yang khusus.

“Sebagai bangsa yang merdeka, kita wajib memperingati hari Kemerdekaan yang kita rayakan setiap tanggal 17 Agustus pada setiap tahunnya dan memberikan contoh dan tauladan pada generasi muda untuk tidak melupakan sejarah,” katanya

Lebih rinci menurut Akex, Rakyat Indonesia merayakan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia dimana makna 17 Agustus 1945 bagi rakyat Indonesia adalah menjadi momen pernyataan tegas bahwa rakyat Indonesia menyatakan merdeka, dan melepaskan diri dari penjajahan membentuk negara yang mandiri dan berdaulat.

“Untuk memperjuangkan Kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berkorban dengan nyawa dan harta benda yang tidak sedikit, untuk itu apapun yang terjadi kita harus mempertahankan kedaulatan negeri ini,” tegasnya

Lebih lanjut, kata Alex, secara filosofis Proklamasi Kemerdekaan adalah petunjuk arah sejarah bangsa Indonesia, secara politis Proklamasi Indonesia merupakan wujud kelahiran bangsa Indonesia yang merdeka secara defacto dan dejure.

Baca Juga :  Pemkab Simalungun bersama PT BRSE Laksanakan Vaksin Booster

Usai melaksanakan upacara bendera, dilakukan ramah tamah dan hadir dalam
upacara pengibaran bendera merah putih memperingati HUT RI – 79 yang diadakan Yayasan Ujung Aspal Propinsi Jawa Timur antara lain Relawan Kawan – Kawan Kris Dayanti, PSHT, Organda Kota Batu, Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formulahi) Kota Batu berlangsung sukses.

Sementara Drs.Warto Adi juga mengatakan bahwa upacara HUT Kemerdekaan RI -79 hari ini adalah sebagai wujud dari rasa terimakasih kepada para pejuang yang terdahulu dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Saya berharap, semoga generasi muda Kota Batu dapat meneruskan semangat juang para pahlawan dan membuat Indonesia lebih maju dengan terus pantang mundur, penuh semangat dan pantang menyerah, jangan pernah terpengaruh efek negatif globalisasi tapi ambil sisi positifnya,” harapnya, sembari tersenyum ramah.

Waktu yang sama, Ketua FORMULAHI (Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Hidudup) Firman Syah, menyampaikan bahwa sebagai bangsa Indonesia perlu menerapkan sikap gotong royong dan bersama – sama membangun kota Batu.

“Dan didalam pancasila juga terkandung hikmad, bahwa bangsa kita memiliki beragam perbedaan dan itu merupakan modal untuk menjadikan bangsa yang kuat,” tandasnya. (dws)

Comment