Tingkatkan Transparansi Pelayanan di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun

MediaSuaraMabes, P. Bun – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pangkalan Bun terus berinovasi meningkatkan pelayanan dalam memberikan informasi yang transparan. Kali ini, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Lapas Pangkalan Bun (Simpun).

Melalui keterangannya, Kepala Lapas Kelas II B Pangkalan Bun Doni Handriansyah mengatakan, aplikasi ini sudah bisa di manfaatkan karena sudah mulai dioperasikan setahun yang lalu.

“Dalam aplikasi Simpun ini, masyarakat terutama bagi keluarga dari warga binaan Lapas Kelas II B Pangkalan Bun, bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang apa yang menjadi haknya. Seperti remisi, CB (cuti bersyarat), CMB (Cuti menjelang bebas) maupun hak untuk mendapatkan PB (Pembebasan Bersyarat),” kata Doni Handriansyah.

Doni menjelaskan, melalui aplikasi ini masyarakat atau WBP dapat mengetahui persyaratan untuk mendapat haknya. Hal yang paling penting lagi, diluncurkannya aplikasi Simpun ini untuk mencegah terjadinya Pungli (pungutan liar) yang dilakukan oleh oknum.

“Karena ketidaktahuan dari masyarakat, sehingga dimanfaatkan oleh oknum untuk mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri. Padahal negara telah memberikan beberapa hak bagi warga binaan yang telah memenuhi persyaratan, sehingga melalui aplikasi ini menutup celah terjadinya Pungli,” ujar Doni.

Menurut Doni, aplikasi ini dapat diakses di ruangan layanan terpadu. Bagi pengunjung/keluarga atau pun kerabat dari WBP bisa mengakses aplikasi tersebut dengan mudah, dimana untuk saat ini aplikasi Simpun itu bisa di akses secara lokal saja. Namun ke depannya akan ditingkatkan lagi mengakses aplikasi itu dengan lebih canggih, yakni sistem intern house.

Di dalam aplikasi Simpun itu juga, akan ditayangkan menu makanan apa saja yang diterima oleh WBP. “Selain itu ditampilkan berbagai kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh petugas, kami sajikan informasi yang transparan,” ujar Doni.

Baca Juga :  Kemendagri Dorong Pemda dalam Peningkatan Akses Air Minum dan Sanitasi Layak Aman

Setelah dirinnya mendapatkan amanah untuk menjabat sebagai Kalapas Kelas IIB Pangkalan Bun, ia bertekad serta berkomitmen akan memberikan perubahan yang lebih baik.

“Secara bertahap, kita akan merubah serta memperbaiki semuanya agar lebih baik lagi. Intinya apa yang sudah baik, akan kita tingkatkan,” tegasnya. (Red)

Comment