PIK Tampilkan 50 Stand Inovasi Pelayanan

MediaSuaraMabes, Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menggelar Pekan Inovasi dan Kreatif (PIK) Belitung Timur 2024. Kegiatan selama empat hari, sejak 3 Juli hingga 6 Juli 2024, ini berlangsung di Taman Kota Manggar.

Acara pembukaan berlangsung meriah. Berbagai pertunjukan seni musik, tari dan puisi yang mengusung kearifan lokal ditampilkan. Bupati Beltim Burhanudin membuka PIK tahun ke II ini.
Sebanyak 50 stand dari berbagai OPD yang mengedepankan inovasi pelayanan ditampilkan. Stand UMKM juga tak ingin ketinggalan untuk menambah semarak acara.

Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Dr. Yusra menyatakan Kabupaten Beltim merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki ide untuk menggelar kegiatan ini. PIK di Kabupaten Beltim merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendorong semangat inovasi dan kreativitas di seluruh penjuru negeri.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang luar biasa dari Pemkab Beltim dalam menyelenggarakan acara ini. Pekan Inovasi dan Kreatif bukan hanya sekadar ajang pameran, tetapi juga sebuah platform untuk menunjukkan potensi dan kreativitas lokal yang dapat menjadi pendorong utama pembangunan ekonomi daerah,” ujar Yusra.

Pemerintah pusat, melalui Kementerian DPDTT, mendukung penuh upaya-upaya inovatif seperti ini. Inovasi dan kreativitas adalah dua pilar utama yang mampu menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena, kami sangat bangga melihat bagaimana Kabupaten Beltim mengambil langkah maju dalam memajukan sektor-sektor ini,” ucap Yusra.

Yusra menekankan bahwa sebagian besar kementerian atau lembaga mempunyai kegiatan yang lokusnya ada di daerah. Pengembangan daerah melalui industri kreatif dapat dijadikan lokus kegiatan bersama untuk mengakselerasi visi Presiden untuk percepatan pembangunan daerah.

“Saya mewakili Menteri DPDTT mengajak Bapak/Ibu semua pihak untuk ikut melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan budaya lokal sebagai sumber inspirasi untuk berbagai kegiatan kreatif guna mendukung sektor pariwisata. Hal ini termasuk mendukung festival budaya, seni pertunjukan, dan kerajinan tangan seperti apa yang ditampilkan pada acara malam hari ini,” ujar Yusra.

Baca Juga :  Kolaborasi Antar Kementerian/Lembaga Penting Dalam Penerapan SPM Bidang Sosial

Sementara itu Bupati Beltim, Burhanudin menyatakan pelaksanaan PIK di tahun II sengaja dilaksanakan di Taman Kota Manggar agar masyarakat dapat melihat langsung inovasi yang telah dilakukan oleh ASN di Pemkab Beltim. Selain itu pula masyarakat dan desa bisa berkolaborasi untuk menampilkan inovasi yang diciptakan secara mandiri.

“Dengan adanya PIK ini, kita dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan inspirasi agar budaya inovasi dapat tumbuh dan berkembang dalam sendi-sendi kehidupan sehingga mampu meningkatkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan,” kata Aan sapaan Burhanudin.

Pada kegiatan ini masyarakat dapat menyaksikan karya-karya terbaik yang lahir dari tangan-tangan kreatif dalam merangkai kerajinan, mengolah makanan, maupun seni pertunjukan. Hal ini mencerminkan budaya dengan keunikan yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Lebih dari sekedar pameran, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi masyarakat sekitar, untuk berpartisipasi, dan merasakan langsung keindahan seni. Oleh karena itu, melalui acara ini, kita juga sepakat untuk berkomitmen melestarikan sekaligus mempromosikan budaya,” kata Aan.

Aan menyatakan Pemkab Beltim akan terus memberikan dukungan kepada pelaku industri kreatif ini baik dengan penyediaan pelatihan, akses pasar, dan fasilitas produksi untuk mendorong pertumbuhan pada sektor tersebut. Untuk itu dia mengajak agar seluruh masyarakat dapat manfaatkan kesempatan ini untuk mendukung produk-produk lokal menjadi produk unggulan daerah, serta mengapresiasi hasil karya seni, serta bakat-bakat luar biasa dari masyarakat Beltim.

“Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum untuk memperkuat jaringan, meningkatkan kolaborasi, dan menciptakan peluang-peluang baru antara pemerintah, masyarakat, dan semua stakeholder sehingga dapat bermanfaat bagi perkembangan daerah kita tercinta,” ajaknya. (ramli)

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran berita SuaraMabes.com di WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFTbjqLo4hlGdXlRr1u. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergi, Kapolda Sumsel Silaturrahmi Ke Kajati Sumsel.

Comment